Minggu, 10 April 2011

DESAIN ORGANISASI

Desain organisasi dapat diartikan sebagai sebuah proses memilih dan mengelola aspek struktural dan budaya termasuk karakteristik informasi yang dilakukan para manajer sehingga organisasi mampu mengendalikan kegiatan apa yang perlu dilakukan untuk tujuan bersama.


desain organisasi ini adalah sebuah proses yang meliputi enam elemen :
- Spesialisasi kerja : adanya pembagian kerja yang dibagi menjadi beberapa bagian.
- Pembagian departemen : berdasarkan fungsi, produk, letak geografis, proses, dan jenis costumer
- Ada rantai komando : sehingga banyaknya karyawan yang dibawahi harus dibatasi agar efektif dan efisien
- Sentralisasi dan Desentralisasi
Sentralisasi : pengambilan keputusan secara terpusat pada level atas perusahaan
Desentralisasi : pengambilan keputusan dari level bawah yang terkait langsung dengan aksi
- Formalisasi : ada standardisasi pada setiap organisasi sehingga perilaku karyawan mengikuti aturan dan prosedur yang telah ditentukan



pentingnya desain organisasi ialah:


1. Mencapai keunggulan kompetitif.
2.   Mengacu pada kontingensi
3. Memanaje perbedaan/diversity
4.   Peningkatan effisiensi
5. Peningkatan motivasi
6. Pengendalian lingkungan
7. Penyempurnaan koordinasi dan motivasi
8.  Mengembangkan strategi implementasi 

Macam – macam desain organisasi :
desain organisasi Tradisional
- Struktur yang simpel : departemensialisasi rendah
- Struktur yang fungsional : pembagian departemen berdasarkan fungsi
- Struktur yang divisional : terdiri dari beberapa divisi dengan terbatasnya otonomi dibawah koordinasi dan kontrol dari bagian atas perusahaan
  desain organisasi Kontemporer
- Tim Terstruktur : terdiri dari beberapa grup kerja dengan memberi wewenang kepada karyawan untuk memanajemen diri Sendiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar